Jumat, 18 September 2015

HASIL PENELITIAN. TIDUR LEBIH DARI 8 JAM SEMALAM BERESIKO MATI MUDA



HASIL PENELITIAN. TIDUR LEBIH DARI 8 JAM SEMALAM BERESIKO MATI MUDA

Kawan, kita mungkin sering mendengar kalau kurang tidur bisa mengganggu kesehatan. Tapi tidur berlebihan pun ternyata bisa berdampak buruk bagi tubuh Anda. Menurut sebuah penelitian, tidur lebih dari delapan jam semalam bisa berisiko kematian lho. Untuk lebih lengkapnya, yuk langsung kita ikuti uraiannya di bawah ini.

Para peneliti dari University of Warwick, dikutip dari metro, menganalisis 16 penelitian termasuk data tidur dari sedikitnya satu juta orang. Profesor Franco Cappuccio menemukan bahwa orang yang tidur lebih dari 8 jam semalam memiliki risiko mati muda lebih tinggi dibandingkan orang yang tidur 6-8 jam per malam.

Profesor Franco Cappuccio mengacu pada penelitian jangka panjang yang menganalisis angka kematian orang berdasarkan waktu tidur mereka. Setelah 10 tahun, 12 persen orang meninggal adalah mereka yang tidur kurang dari 6 jam, tapi 30 persen diantaranya adalah mereka yang tidur lebih dari 8 jam.

 


Tingginya risiko kematian ini juga sangat dipengaruhi oleh kebiasaan minum kopi beberapa gelas sehari. Profesor Franco kemudian menambahkan kalau data yang ia dapat itu adalah data orang-orang yang mengalami depresi atau menggunakan obat tidur. Ia juga meyakini kalau orang-orang yang tidur lebih dari 8 jam per malam adalah mereka yang sebelumnya sudah punya penyakit bawaan yang membuat mereka tidur lebih lama dari biasanya.

Kawan, memang segala sesuatu yang berlebihan tidak baik untuk tubuh. Begitu pula dengan tidur. Tidur cukup adalah salah satu kunci penting untuk membantu menjaga kesehatan fisik dan mental Anda.


1 komentar: